Friday, April 29, 2011

Ne-Yo

Shaffer Chimere Smith (lahir 18 Oktober 1979; umur 31 tahun), lebih dikenal dengan nama panggung Ne-Yo, adalah penyanyi berkebangsaan Amerika Serikat Selain itu, ia juga merupakan pencipta lagu, produser rekaman dan juga aktor.

Profil

Ne-Yo lahir di Arkansas dengan nama baptis Shaffer Chimere Smith. Ayahnya adalah warga Amerika keturunan Afrika dan sang ibu adalah warga Amerika Afrika keturunan China,[keduanya musisi. Saat kecil, ia dibesarkan oleh ibunya sendiri setelah ia terpisah dari ayahnya.

Karier

Awal karier Ne=Yo bermula sebagai salah satu personil dari grup vokal kuartet Envy, namun perjalanan karier grup tersebut tidak bertahan lama, sebab hanya bertahan hingga tahun 2000 saja. Dan Ne-Yo pun dikontrak oleh perusahaan Colombia Recording.
Hingga kni, Ne-yo telah memiliki 3 buah album studio, yaitu In My Own Words (dirilis pada tahun 2006), Because of You (rilis tahun 2007), dan album Year of the Gentleman (rilis pada tahun 2008).
Karier Ne-Yo tidak hanya menjadi penyanyi, ia juga menciptakan lagu untuk dirinya sendiri dan penyanyi lain, seperti Rihanna (lagu Unfaithful dan lagu Take a Bow), Mario Vazquez (lagu Gallery), Paula DeAnda (lagu Walk Away (Remember Me)), dan Beyoncé Knowles {lagu Irreplaceable)
Ne-Yo juga menciptakan lagu untuk Whitney Houston, Celine Dion, Corbin Bleu, dan Enrique Iglesias. Dan yang akan datang, ia akan menciptakan lagu bersama will.i.am untuk album Michael Jackson.

No comments:

Post a Comment